Rabu, 01 Juni 2011

Sonic Youth






Sonic Youth adalah adalah salah satu kisah sukses paling tidak mungkin musik rock Amerika underground di era 80-an. Dimana sezaman dengan R.E.M. dan Hüsker DU yang cukup konvensional dalam hal struktur lagu dan melodi, Sonic Youth memulai karir mereka dengan mengabaikan segala pretensi konvensi tradisional rock & roll. Membawakan dengan berat dari experimentalism noise bebas-bentuk Velvet Underground dan Stooges, dan perpaduan dengan estetika seni pertunjukan yang dipinjam dari pasca-punk avant garde-New York, Sonic Youth mendefinisi ulang apa yang dimaksud noise dalam rock & roll. Sonic Youth jarang bergoyang, meskipun mereka diilhami langsung oleh hardcore punk, post-punk, dan gelombang tidak ada. Sebaliknya, disonansi mereka, umpan balik, dan penyeteman alternatif menciptakan lanskap sonik baru, yang mendefinisikan ulang apa yang bisa dilakukan oleh gitar rock. 

Trio band independen akhir '80-an catatan - EVOL, Sister, Daydream Nation - menjadi batu ujian bagi generasi indie rockers yang entah ditiru kebisingan itu atau menafsirkan kembali di dalam pengaturan lebih enak. Seperti karir mereka yang berkembang, Sonic Youth tumbuh lebih enak juga, lagu-lagu mereka lebih dalam bentuk-bebas mulai merasa seperti komposisi dan karya-karya mereka lebih pendek mulai bergoyang lebih keras. Selama tahun 90-an, banyak band-band indie Amerika, dan banyak band underground Inggris, ditampilkan pinjaman berat untuk Sonic Youth, dan kelompok itu sendiri telah menjadi sebuah band populer yang banyak kaum pengemar, dengan setiap album yang mencatat di Top 100. 

Keberhasilan seperti itu terpikirkan ketika gitaris Thurston Moore dan Lee Ranaldo membentuk Sonic Youth dengan bassist Kim Gordon pada tahun 1981. Moore telah menghabiskan masa kecilnya di Bethel, CT; Ranaldo berasal dari Long Island. Kedua gitaris tiba di Manhattan selama puncak gerakan berbasis di New York post-punk tidak ada gelombang, dan mulai tampil dengan Glenn avant-garde komposer Branca, yang disonan, gitar berbasis musik yang memberikan dasar bagi banyak musik awal Sonic Youth yang . Gordon Moore pacar telah aktif dalam avant dan tidak ada adegan gelombang untuk beberapa waktu, dan pasangan membantu panggung the Noise Festival, di mana band ini membuat debut live selama musim panas 1981. Pada saat itu, Sonic Youth juga menampilkan keyboardist dan drummer Anne DeMarinis Richard Edson. DeMarinis meninggalkan band tak lama sesudahnya, dan kuartet mencatat debut nya EP, yang dirilis Records Netral Branca pada tahun berikutnya. Selama 1983, Edson meninggalkan band untuk mengejar karir akting dan ia digantikan oleh Bob Bert, yang deras pada album debut kelompok, Confusion Is Sex (1983). Band ini didukung  dengan album tur pertama Eropa. Belakangan tahun itu, kelompok ini merilis EP Kill Yr Idols pada German Zensor label.

Awal tahun 1984, Moore mencoba mendarat band kontrak dengan label indie, British indie label Doublevision, tapi label menolak demo. Paul Smith, salah satu pemilik Doublevision, memutuskan untuk membentuk Blast First Records untuk merilis rekaman Sonic Youth. Segera, ia menerima kesepakatan distribusi dari Perdagangan Inggris label indie Rough Trade, dan mempunyai label pertama band itu dengan distribusi yang kuat. Selama perundingan semua label rekaman pada tahun 1984, kaset-satunya album live Sonic Death: Sonic Youth Live  dirilis pada Ecstatic Peacea. Bad Moon Rising, album pertama kelompok untuk Blast First Records, dirilis pada tahun 1985 untuk tinjauan yang kuat di seluruh pers musik underground. Album ini sangat berbeda dari rilis sebelumnya mereka - itu adalah rekaman pertama mereka membuat disonan yang menggabungkan mereka, umpan balik yang bermandikan eksperimentasi dalam relatif sederhana struktur lagu pop. Menyusul rilis dari Death Valley '69 EP, Bert digantikan oleh Steve Shelley, yang menjadi drummer tetap band. 

Bad Moon Rising telah menarik perhatian yang signifikan di seluruh tanah Amerika, termasuk beberapa tawaran dari label besar. Sebaliknya, Sonic Youth memutuskan untuk login dengan SST, rumah Hüsker Du dan Black Flag, melepaskan EVOL pada tahun 1986. Dengan EVOL, kelompok yang menjadi perlengkapan di radio kampus, dan statusnya tumbuh secara signifikan dengan Sister di tahun 1987, yang sangat dipuji oleh publikasi utama seperti Rolling Stone. Profil kelompok meningkat lebih lanjut dengan proyek 1988 Ciccone Youth proyek sampingan Album The Whitey Album, yang merupakan sebuah tongue-in-cheek  penghargaan untuk Madonna dan bagian lain dari budaya pop mainstream. Terobosan yang benar band ini adalah album ganda  Daydream Nation. Dirilis pada Enigma Records, Daydream Nation adalah sebuah tour de force yang dielu-elukan sebagai karya pada 1988 rilis musim gugur, dan itu dihasilkan sebuah radio kampus hit dengan "Teenage Riot." Meskipun album ini secara luas dipuji, Enigma menderita distribusi yang buruk dan akhirnya bangkrut, yang berarti album kadang-kadang tidak di toko-toko. Faktor-faktor ini memberikan kontribusi besar-besaran untuk keputusan band untuk pindah ke label besar DGC pada tahun 1990. 

Penandatanganan kontrak yang memberi mereka kontrol penuh kreatif, serta membiarkan mereka berfungsi sebagai pseudo-A & R reps untuk label, Sonic Youth membentuk preseden bagi band-band alternatif pindah ke jurusan selama 90-an, membuktikan bahwa adalah mungkin untuk mempertahankan kredibilitas indie pada label besar. Dirilis pada musim gugur 1990, Goo,  major-label album pertama band, membanggakan suara yang lebih terfokus, namun band tidak meninggalkan estetika noise-nya. Hasilnya adalah hit di radio perguruan tinggi, dan album pertama band untuk memecahkan Top 100. Neil Young mengundang Sonic Youth untuk membuka tur arena-nya untuk Ragged Glory, dan walaupun mereka gagal untuk memenangkan hati banyak penonton rocker itu,  itu merupakan serangan besar pertama mereka ke dalam arus utama, tetapi juga membantu menciptakan  tokoh muda yang dikultuskan dalam lingkaran alternatif selama 90-an.

Untuk album kedua mereka label-besar, Dirty, Sonic Youth berusaha untuk meniru suara jorok yang langsung dari rocker grunge Mudhoney  dan Nirvana. Band ini telah mendukung dua kelompok yang berbasis di Seattle selama beberapa tahun (dan telah merilis sebuah single split dengan Mudhoney dan membawa Nirvana kepada Records DGC), dan sementara lagu-lagu di Dirty adalah grunge yang rumit, itu lebih berorientasi ke dalam bentuk pop serta dapat diakses dari rekaman awal Sonic Youth. Diproduksi oleh Butch Vig, yang juga memproduksi Nevermind milik Nirvana, Dirty menjadi hit alternatif pada 1992 rilis musim panas, menghasilkan rock modern hits  "100%," "Youth Against Fascism," dan "Sugar Kane."  Sonic Youth cepat menjadi dipuji sebagai salah satu godfather dari rock alternatif yang menjadi bentuk yang paling populer musik rock di Amerika Serikat, dan Dirty menjadi hit bersama dengan pemaparan tersebut, pada akhirnya akan emas. 

Sonic Youth kembali bekerja dengan Vig tahun 1994,untuk  Experimental Jet Set, Trash and No Star, yang masuk tangga lagu AS di nomor 34 dan tangga lagu Inggris UK Singles Chart di nomor 10, menjadikan grafik tertinggi pada album mereka yang sebelumnya. Posisi grafik yang tinggi adalah bukti popularitas mereka selama dua tahun sebelumnya, karena jelas menerima tinjauan yang beragam dan dengan cepat terjatuh dari grafik. Kemudian pada tahun 1994, Moore dan Gordon - yang telah menikah beberapa tahun sebelumnya - memiliki anak pertama mereka, anak perempuan bernama Coco Haley. Sonic Youth sepakat untuk judul tahun 1995 paket tur Amerika Lollapalooza, tanamnya untuk membangun studio baru. Setelah selesai tur, Sonic Youth dirilis Washing Machine, yang mendapatkan pandangan terkuat mereka kembali sejak Daydream Nation. Setelah serangkaian eksperimen EP diterbitkan pada label mereka sendiri SYR label, mereka muncul kembali pada tahun 1998 dengan  A Thousand Leaves.  NYC Ghosts & Flowers, yang menampilkan Jim O'Rourke sebagai produser dan musisi, diikuti pada musim semi 2000. O'Rourke menjadi anggota penuh band tersebut, tur dengan band dan tampill di tahun 2002 dan memproduksi  Murray Street. 

Lima bagian Sonic Youth kembali pada tahun 2004 dengan  Sonic Nurse; satu tahun kemudian, bagaimanapun, berangkat O'Rourke meninggalkan band ini untuk mengejar karir sebagai sutradara film. Akhir tahun 2005, para perwira band yang tersisa mengeluarkan SYR 6, rekaman dari konser amal untuk Anthology Film Archives yang Sonic Youth harus bermain bersama sang perkusionis Tim Barnes.  Rather Ripped, sebuah fusion dari kesenduan,sang band merasa terkapar dari dua album sebelumnya dengan suara yang lebih stripped-down, dirilis pada tahun 2006. Pada tahun 2008, band ini dibangkitkan SYR series: J'Accuse Ted Hughes tiba musim semi sebagai rilis vinil-satunya, sementara SYR 8: Andre Sider Af Sonic Youth merekam kinerja improvisasi di Roskilde Festival tahun 2005. Mereka juga mengumpulkan album kompilasi untuk Starbucks,  Hits Are for Squares, menampilkan lagu yang sebelumnya belum pernah dirilis "Slow Revolution". Sebelum tahun yang sibuk menyimpulkan bahwa, Sonic Youth menjadi berita utama tambahan dengan meninggalkan label Geffen dan penandatanganan dengan label Matador, yang dipersiapkan untuk mengeluarkan album ke 16 band,  The Eternal, selama musim semi berikutnya. Tahun 2010 ini relatif tenang untuk band, dengan anggota berkonsentrasi pada proyek-proyek individu seperti label Vampire Blues label; mereka juga merekam soundtrack untuk Sutradara Perancis Fabrice Gobert film Simon Werner a Disparu, yang dirilis awal tahun 2011.




Diskografi


Sonic Youth (1982)
Confusion Is Sex (1983)
Bad Moon Rising (1985)
Evol (1986)
Sister (1987)
Daydream Nation (1988)
Goo (1990)
Dirty (1992)
Experimental Jet Set, Trash and No Star (1994)
Washing Machine (1995)
A Thousand Leaves (1998)
NYC Ghosts & Flowers (2000)
Murray Street (2002)
Sonic Nurse (2004)
Rather Ripped (2006)
The Eternal (2009)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAG

10 Minute Warning (1) 3 Doors Down (1) 311 (1) 600 School (1) 64 Spiders (1) 7 YEAR BITCH (3) 700 Miles (1) 8stops7 (3) A Gothic–Industrial Tribute to The Smashing Pumpkins (2001) (1) A Perfect Circle (1) AC/DC (1) Album Live Klasik (3) Alice In Chains (25) Alta May (4) Alter Bridge (1) Alternative metal (6) Alternative rock (20) American Underground (1) Amphetamine Reptile (3) AMPHETAMINE REPTILE PEEL SESSIONS (1992) (1) Andrew Wood (2) Another Damned Seattle Compilation (1991) (1) Anyone Can Play Radiohead (2001) (1) Army of Anyone (2) Art Rock (10) Arus Kesuksesan Grunge (1) Audioslave (2) Babes In Toyland (7) Bad Radio (1) Bad Religion (2) Band Grunge Lainya(masa lalu) (53) Band Grunge yang digawangi oleh wanita (11) Barrett Martin (1) Beat Happening (6) Ben Shepherd (1) Berbagai Artis (11) berita (12) Best Kissers in the World (1) Better Than Ezra (1) Betty Poison (1) Big Chief (1) BIKINI KILL (4) Blackouts (1) Blind Melon (8) Blood Circus (2) Bob Dylan (1) Bob Dylan – The 30th Anniversary Concert Celebration (1993) (1) Bob Marley And The Wailers (1) BOTTLE OF SMOKE (1) BRAD (2) British Rock (2) Brothers of the Sonic Cloth (2) Buku (1) Bundle of Hiss (2) Bush (8) Bushpig (2) Butthole Surfers (2) Buzz Osbourne (1) Candlebox (5) Cat Butt (1) Chad Channing (2) Chris Cornell (6) Ciccone Youth (2) Codeine (1) Coffin Break (6) COLLECTIVE SOUL (1) college rock (2) Compilation (37) Courtney Love (4) Courtney Love Band (1) cover songs (14) Cowpunk (3) Crackerbash (4) Creed (5) Crunt (2) Dandelion (2) Dave Grohl (3) Days of the New (1) Dead Moon (2) Death Cab For Cutie (1) DEEP SIX (1986) (1) Derelicts (1) Dickless (2) Dinosaur Jr. (4) Dogstar (2) Donita Sparks (2) Downface (2) Duff Mckagan (2) EDDIE VEDDER (11) Electronic Music (4) Elvis Ramone's Punk- The Album - Various Artists - 2010 (1) emo (1) Eve's Plum (1) Experimental Rock (6) Eyes Adrift (2) Fastbacks (3) Fecal Matter (2) Fire Ant (1) Flop (2) Fluf (3) Foil (1) Folk Rock (3) Foo Fighters (16) Fu Manchu (2) Fuck Me I'm Rich (1990) (1) Funk Metal (2) Funk Rock (2) Garage Rock (3) Gas Huffer (13) Gothic Rock (3) Green River (4) grunge (33) grunge cd's (295) GRUNGE dan POST GRUNGE VIDEO KLIP (1) Grunge Demo (15) GRUNGE DVD LIVE (12) Grunge Live CD's (114) Gruntruck (4) Gumball (4) Halo Of Flies (3) Hammerbox (3) Hard Rock (11) Hardcore punk (3) HATER (3) Hazel (2) HEATMISER (1) Heavy metal (2) HOLE (14) Horror Punk (1) Hype Soundtrack (1996) (1) Iggy Pop (3) Incubus (2) Indie pop (3) Indie rock (6) Indonesia (2) Industrial Rock (2) Jack Endino (1) jangle pop (2) Jeff Ament (2) jepang (1) Jerry Cantrell (6) Jimi Hendrix (5) Josh Homme (1) Kim Salmon And The Surrealists (1) Kim Thayil (1) King Snake Roost (3) Krist Novoselic (3) Kurt Cobain (7) Kyuss (1) L7 (11) Layne Staley (1) Led Zeppelin (1) LIVE (4) LIVE MUSIC DVD (14) Live Music Video (17) Loaded (1) LOCAL H (13) Lois Maffeo (1) Love Battery (7) Lubricated Goat (8) Mad Season (5) MALFUNKSHUN (1) Mark Arm (4) Mark Lanegan (9) Matt Cameron (1) Meat Puppets (2) Melvana (1) Melvins (31) Mike McCready (1) Mind Funk (4) Minutemen (3) Mono Men (11) MONSTER MAGNET (2) Mother Love Bone (7) movies (6) Mr. Epp and The Calculations (1) Mudhoney (21) Music Videos (4) My Sister's Machine (4) Neil Young (3) Night Creatures - The Best Of Gothic Rock (1) Nine Inch Nails (1) Nirvana (30) NOFX (1) Noise rock (1) Non-Grunge Band Yang Seperti Grungers (8) NUTSHELL (1) Pandora (1) Para Tokoh Band Grunge (1) Para Tokoh Post Grunge (1) Paw (6) Pearl Jam (72) Penurunan Popularitas Mainstream (1) Perkembangan Awal Grunge (1) PIXIES (2) Pond (3) Pop (3) Pop Punk (2) Pop Rock (1) post grunge (22) post grunge cd's (52) post grunge live cd's (10) post grunge live dvd's (4) Post-Punk (1) Probot (1) Progressive metal (1) protopunk (3) Psychedelic rock (14) Puddle Of Mudd (1) Punk Rock (12) Queens Of The Stone Age (2) R.E.M. (2) RADIOHEAD (5) RAMONES (3) Red Hot Chili Peppers (1) Reggae (1) Reggae Rock (2) Rein Sanction (1) Revolution Come And Gone (1992) (1) Ringo Starr (1) Rock (12) rock alternatif (1) Rodney N The Tube Tops – I Hate The 90's (1997) (1) Scot Weiland (2) Screaming Trees (17) SEAWEED (4) Sebadoh (1) Seether (3) sejarah post-grunge (1) Seven Mary Three (6) Shonen Knife (2) Silverchair (8) Singles (41) Singles (SoundTrack) (1992) (1) Skin Yard (9) Skunk Anansie (1) Smashing Pumpkins (16) Smells Like Bleach: A Punk Tribute to Nirvana (2001) (1) Smells Like Smoked Sausages EP (1992) (1) Soil (2) Some Velvet Sidewalk (4) Sonic Youth (24) SOUL ASYLUM (1) Soundgarden (21) Soundtrack (1) Sponge (1) Sprinkler (3) Staind (1) Stick (2) Stone Free: A Tribute to Jimi Hendrix (1993) (1) Stone Gossard (2) Stone Temple Pilots (9) Stoner rock (4) SUB POP 100 (1986) (1) Sub Pop 20: Casual Nostalgia Fest (2010) (1) SUB POP 200 (1988) (1) SUB POP 300 (2008) (1) Sub Pop 5 (1) Sub Pop Compilation (7) SUB POP Singles (21) Supersuckers (5) Swallow (1) Sweet 75 (2) Sweet Water (2) SWERVEDRIVER (2) TAD (11) tad doyle (1) Talk Show (2) Tantric (2) Temple of the Dog (3) The Afghan Whigs (4) The Beatles (2) The Breeders (9) The Cure (2) The Doors (13) The Fluid (6) The Gits (8) The Gits (2005) (1) The Grunge Years (1) The Gutter Twins (7) The Holez (1) THE JESUS AND MARY CHAIN (1) The Jesus Lizard (1) The Killer in You: A Tribute to Smashing Pumpkins (2005) (1) The Lovemongers (1) The Methodists (2) The Misfits (2) The Monkeywrench (4) The No WTO Combo (2) The Police (1) The Posies (2) The Presidents of the United States of America (7) The Purdins (1) The Thrown Ups (2) The U-Men (5) THE WALKABOUTS (2) The Who (6) THE WIPERS (1) The Young Fresh Fellows (3) Them Crooked Vultures (2) Therapy? (14) Three Fish (1) Thurston Moore (1) TOADIES (4) Tool (1) Treepeople (5) TRULY (5) U2 (1) Urge Overkill (2) V.A. - 2011 - SPIN Presents Newermind [A Tribute Album] (1) V/A - TANK GIRL - OST [Soundtrack] (1995) (1) VA - Great British Rock (2011) (1) VA - The Crow - Original Motion Picture Soundtrack (1994) (1) VA – Mojo Presents: Roots of Nirvana (March 2011) (1) VA – MySpace Tribute To The Smashing Pumpkins (2007) (1) VA-Kurt Cobain About A Son (2007) (1) Various – Speed Trials (1984) (1) Various - All Apologies: A Tribute to Nirvana (2000) (1) VARIOUS - TERIYAKI ASTHMA (1) Various – Another Pyrrhic Victory (1989) (1) Various – Dope-Guns-N-Fucking In The Streets Volume 1-3 (1989) (1) Various – Dope-Guns-N-Fucking In The Streets Volume 4-7 (1990) (1) Various – Dope-Guns-N-Fucking In The Streets Volume 8-11 (1997) (1) Various – Endangered Species (1994) (1) Various – Hard To Believe - A Kiss Covers Compilation (1990) (1) Various – Nothing Short Of Total War (Part One) 1989 (1) Various – Puget Power III (1992) (1) Various – Seattle Syndrome - Volume 1-2 (1) Various – Terminal Sales Vol. 3: Happy Birthday To Me (2008) (1) Various Artist - Punk Goes 90's (2006) (1) VARIOUS ARTIST - S.F.W. OST (1994) (1) Various Artists - Alice Cooper Tribute (1991) (1) Velocity Girl (1) VERUCA SALT (1) Violent Soho (2) Violent World: A Tribute to The Misfits (1997) (1) Volcano (1) VOLS. 1-5 (1) War Babies (1) Wellwater Conspiracy (2) Willard (2) WOOL (3) Zwan (5)